Belajar fotografi, dengan memahami kamera digital anda.




Saat ini beredar sangat banyak berbagai kamera dengan spesifikasi yang cukup rumit yang kadang kala justru membuat bingung dalam memilihnya yang sesuai dengan kebutuhan kita. Bagaimanapun juga memilih kamera sangat penting untuk mendapatkan hasil memotret sesuai minat.

Bagian-bagian Kamera

Kamera  terdiri dari banyak komponen, namun setidaknya komponen dasar paling penting yang perlu diperhatikan antara lain :

Chasing Kamera

Bentuk dasar dari kamera perlu diperhatikan karena untuk kenyamanan dalam memotret dan tentu akan mempengaruhi kualitas gambar yang diambil.

Lensa Kamera

Bagian ini adalah mata dari kamera anda, lensa adalah bagian yang sangat komplek, setiap jenis lensa akan memiliki fungsi yang berbeda dan sangat penting untuk kita mengetahui perbedaan-perbedaannya.

Sensor Kamera

Pada dasarnya system kamera digital sama dengan system kamera film, sensor mengindikasi cahaya yang masuk kedalam lensa kemudian mendata pencahayaan tersebut dan diproses kemudian disimpan dalam memori. Kualitas dan ukuran sensor sangat penting dan signifikan berpengaruh pada kualitas foto anda.

Memori Kamera

Adalah tempat dimana foto disimpan, dan komponen ini, selain ukuran kapasitas yang sesuai kebutuhan anda, jangan lupa memperhatikan kecepatan dalam pembacaan dan penyimpanan, karena jika lambat tentu akan menurunkan kinerja kamera anda.

Baterai

Seperti pada perangkat elektronik lainnya baterai menjadi nyawa dari kamera anda, kapasitas listrik yang tersimpan menentukan berapa lama anda bias berexplorasi dalam mencari gambar terbaik.

Demikianlah bagian-bagian dari kamera, ikuti artikel selanjutnya untuk pembahasan masing-masing bagian kamera diatas, Selamat Belajar Fotografi.