Memilih Kamera Digital

Bagaimana memilih kamera digital terbaik untuk saya? 

Ini adalah pertanyaan pertama yang akan muncul ketika Anda ingin membeli kamera digital pertama Anda. Pada artikel ini, saya akan sedikit memberikan pencerahan supaya anda tidak bingung dengan fitur-fitur canggih yang ditawarkan dalam kamera. Berikut ini 5 langkah sederhana yang dapat membantu Anda dalam memilih kamera yang terbaik untuk Anda.

1.Pelan-pelan saja...

Kesalahan yang paling umum dibuat ketika orang membeli kamera digital untuk pertama kali adalah langsung datang ke toko kamera atau browsing toko online lalu membeli kamera digital tanpa melakukan penelitian terlebih dahulu. Jika Anda melakukannya, kemungkinan besar Anda akan mengambil keputusan yang salah, mungkin anda membeli produk yang memiliki terlalu banyak fitur tetapi tidak pernah diperlukan. Jangan pernah membeli produk hanya karena iklan yang menjanjikan dan menarik. Jangan hanya memilih produk terbaru, karena produk baru tidak berarti akan lebih baik. Megapiksel yang lebih tinggi atau zoom yang besar bukan jaminan bahwa produk yang lebih baik bagi Anda karena semua itu tidak selalu sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Tentukan fitur yang Anda inginkan dari kamera digital.

Ada sangat banyak kamera digital di pasaran, dan tidak satupun diantaranya berada dalam satu perangkat dan cocok untuk semua jenis tujuan. Setiap kamera memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Dengan menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini, Anda akan dapat fokus pada kamera yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda:
  • Untuk kegunakan Apa kamera tersebut?
  • Apakah Anda membutuhkan kamera untuk penggunaan sehari-hari atau untuk mengejar fotografi yang lebih serius?
  • Jenis fotografi bagaimana yang akan sering Anda lakukan (olahraga fotografi, potret, lanskap, atau makro-fotografi)?
  • Di mana rencana kondisi penggunaan kamera Anda (normal, ekstrim, indoor, outdoor, cahaya rendah atau cahaya terang)?
  • Bagaimana ukurankamera pilihan anda, kecil dan ringan atau kamera digital besar dan tebal yang penting memiliki banyak fitur?
  • Fitur khusus apa yang Anda butuhkan dari kamera?
Dengan menjawab pertanyaan di atas, Anda lebih mudah dapat menentukan kamera mana yang anda butuhkan, kamera point-and-shoot digital, kamera super-zoom, kamera four thirds mikro atau kamera SLR digital.

3. Tentukan anggaran anda.

Mungkin uang bukanlah masalah bagi sebagian orang. Tapi kebanyakan orang pasti akan memiliki batas maksimum untuk membeli untuk kamera digital. Tetapkan anggaran maksimum Anda dan fokus pilihan Anda pada kamera yang sesuai dengan anggaran tersebut Jangan lupa untuk menyiapkan dana cadangan untuk aksesori kamera yang mungkin diperlu antara lain lensa, flash eksternal, tas kamera, tripod, memori tambahan, baterai cadangan, dll

4. Lakukan pemilihan sendiri.

Tentu saja akan lebih mudah untuk pergi langsung ke toko kamera lokal Anda dan bertemu seorang tenaga penjualan untuk membantu Anda di sana. Tapi akan lebih baik jika sebelumnya melakukan riset dengan membaca ulasan di beberapa majalah kamera digital. Anda juga dapat mengunjungi beberapa situs kamera digital yang baik untuk menemukan ulasan para ahli. Jangan pernah percaya kepada satu atau dua sumber saja, tapi bandingkan juga dengan berbagai tinjauan dari banyak sumber. Carilah berisi ulasan yang kira-kira paling netral dan jujur karena ada pengulas yang dibayar produsen. Setelah saikan melakukan penelitian, tentukan 2 atau 3 kamera pilihan Anda dan mulai bandingkan harganya. Bandingkan beberapa toko online karena perbedaan harga antara satu dan toko online lainnya kadang kala menjadi cukup signifikan.

5. Pergilah ke toko kamera dan mencoba kamera digital pilihan Anda.

Setelah Anda mempersempit pilihan pada 2 atau 3 kamera, pergilah ke beberapa toko kamera lokal untuk melihat, memegang dan mencoba operasi kamera pilihan Anda. Biarkan penjual membantu Anda dan memberikan informasi produk tambahan. Setelah memutuskan kamera yang ingin Anda beli, mencoba untuk menegosiasikan harga dan membandingkannya dengan harga termurah yang bisa Anda dapatkan dari toko online. Pelan-pelan saja, luangkan waktu Anda untuk membandingkan harga di beberapa toko kamera dan membeli kamera pilihan Anda di toko kamera atau toko online yang dapat menawarkan harga termurah. Pada akhirnya, Anda mulailah pelan-pelan saja untuk membeli beberapa aksesoris kamera yang Anda pikir perlu. Biasakan diri untuk menggunakan kamera digital baru Anda untuk sementara waktu, setelah itu Anda dapat memutuskan mana kamera aksesoris yang benar-benar anda butuhkan.